Amankan Data Riset Dengan USB OTG Sandisk

By MomaLiza - 17.37.00



Gunakan USB OTG SanDisk untuk memudahkan penyimpanan data.

Ada yang bilang, menulis itu mudah bin gampang. Apalagi menulis cerita fiksi. Tinggal duduk, mengkhayal, lalu mulai deh menulis. Dulu, sebelum bergabung di grup-grup penulis, saya juga sempat berpikir begitu. Pokoknya gampang deh... Tinggal ketak-ketik, ketak-ketik, selesai. Tetapi ternyata anggapan itu salah besar. Menulis tidak segampang dan semudah itu, Sista. Perlu riset mendalam untuk tulisan yang paling sederhana sekali pun.


Ah, masa sih?

Kau tidak akan bisa menghadirkan sebuah tulisan yang membumi jika menulis tanpa melakukan riset, ujar seorang sahabat penulis. 

Saya merasakan betul manfaat riset ini. Maka sebelum menulis, hal pertama yang saya lakukan adalah riset. Mengumpulkan sebanyak-banyaknya informasi terkait tema yang akan saya tulis. Beberapa karya saya yang berhasil dimuat di Femina, Gadis, dll, saya tulis setelah melakukan riset.

Cerpen-cerpen yang dimuat di Majalah Gadis dan Femina ini saya tulis setelah melakukan riset lho


Dengan melakukan riset kita bisa menghasilkan sebuah tulisan yang jauh lebih berisi dan kaya akan informasi. Semakin lengkap riset yang kita lakukan, akan semakin kualitas pula tulisan yang kita hasilkan.  Semakin membumi tulisan kita. Semakin banyak informasi yang kita peroleh, semakin deras pula ide-ide yang berlompatan di dalam kepala, dan tentu memuluskan proses menulis.

Nah, kebiasaan jelek saya, karena malas membuang-buang hasil riset, saya hanya menyimpan informasi-informasi yang saya anggap penting. Dengan alasan, khawatir memori laptop cepat penuh atau nanti juga –sambil menulis- bisa browsing lagi. Apalagi bila yang memakan banyak memori seperti video-video.

Padahal, nggak selalu semuanya semulus harapan. Bisa aja ketika menulis dan browsing, tiba-tiba kuota habis. Atau, yang sering kejadian sekarang, sinyal internet busuk. Bubar deh acara nulisnya. Karena mood sudah hilang duluan. Makanya kacau, kan, kalau sering kejadian seperti ini?

Kalau dipikir-pikir, cara bekerja seperti ini sangat tidak efektif. Selain banyak membuang waktu juga menghabiskan kuota. Banyak juga lho data-data dan video hasil riset yang  #DiBuangSayang karena sekali riset, bisa untuk beberapa tulisan.
 
Ssst, ternyata bukan saya saja yang sering kehilangan data-data penting, karena malas mem-back up data. Berdasarkan survei yang diadakan oleh DEKA yang dikomisikan oleh   Western Digital Corp yang berjudul Indonesian Consumer Mobile Habit and Data Management Survey, 67 % orang Indonesia pernah kehilangan data di gawai mereka. Dan hal ini tentu saja membuat jengkel.

Akan tetapi, meski 80% responden survey menyadari pentingnya mem- back up data, namun hanya sepertiga saja yang melakukan back up secara teratur. Alasannya, tentu saja karena merasa ribet dan membuang waktu. Yup, salah satunya saiyaa...

Back up  dong data hasil riset pake USB. Jadi kapan pingin nulis, materi sudah siap. Nggak tergantung sama sinyal internet,”saran Pak Suami. "Nggak ada cerita kehilangan data deh."

Suami saya guru, untuk penyimpanan data-data dalam jumlah besar, baik tentang data siswa, soal-soal ujian, hasil belajar siswa, RPP dsb, dsb, dsb yang bejibun itu semua disimpan dalam USB OTG (On The Go) SanDisk. Konon, semua rekan-rekan guru di sekolah tempatnya mengajar menggunakan USB ini.

Sandisk Ultra Dual OTG USB 3.0 16 Gb

Mengapa milih SanDisk OTG USB?

1. Kecepatan read/write-nya bisa diandalkan --- Jadi nggak banyak buang waktu juga kan?
2. Kapasitasnya besar  --- tidak perlu memiliki banyak-banyak. Cukup satu saja.
3. Harga terjangkau ---- Buat mamak sih, ini salah satu alasan krusial.
4. Mudah diperoleh -- dengan semua kelebihan di atas, sangat wajar banyak tempat yang menjual USB ini . Jadi jika perlu, kita pun tak sulit untuk mendapatkannya.


Syukurlah.... sekarang ada solusi yang memudahkan proses penyimpanan data dengan cara mudah, cepat dan praktis, yang dikeluarkan oleh SanDisk, salah satu brand dalam naungan Western DigitalCorp.

Karena dirancang untuk memudahkan penyimpan data bagi pengguna smartphone  tentu saja memudahkan juga bagi para penulis seperti saya. Bagaimana tidak? Saya bisa melakukan riset sambil bersantai di tempat tidur, ngelonin anak-anak, lalu hasil riset baik tulisan-tulisan, foto-foto atau video pendukung bisa saya simpan dengan menggunakan #SanDiskAPAC yang disambungkan ke smartphone.. Kapan-kapan, bila mana ingin menulis, atau membaca ulang kumpulan data riset, ya, tinggal pasang. Begitu juga bila hendak memindahkan data dari smartphone yang lama ke smartphone baru. Gampang banget kan?

Fix. Jadi untuk mengamankan hasil riset perlu juga nih keberadaan USB OTG Sandisk ini di samping Blue Moon, si laptop kesayangan. Nggak bakal ada lagi istilah batal nulis gara-gara sinyal lola. Karena semua bahan tulisan sudah tersimpan rapi dan siap dibuka kapan mau. Dan yang penting kegiatan menulis jadi lancar.

  • Share:

You Might Also Like

5 komentar

  1. Perlu banget sih untuk penulis yang harus sedia backup. Jangan sampai sudah riset yang memakan waktu, pikiran, dll, trus datanya hilang, kan nyesek :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi, data hilang itu bikin nyesek dan sukses menghilangkan mood.

      Hapus
  2. Saya juga pakai USB ITG SanDisk berasa diselamatkan setelah sekian lama bingung gimana caranya back up data di smartphone

    BalasHapus
  3. Sandisk memang unggul kalo masalah penggunaan.
    simpel soalnya, aku juga pake dual drive yang 32 GB

    BalasHapus

  4. Udah nyobain USB OTG SanDisk beberapa kali transfer data dari hp ke laptop, cepatnya masyallaahh itu prosesnya, nggak nunggu lama dan tanpa drama pula

    BalasHapus

Sahabat Moma, saya akan senang sekali bila Anda berkenan menitipkan jejak pada kolom komentar.
Dimohon untuk tidak meninggalkan link hidup. Bila tetap dilakukan, dengan terpaksa saya akan menghapus komentar tersebut.
Semoga silaturahmi kita terus terjaga.
Terima kasih... ^_^