Cegah Mata Kering Saat Kemarau Dengan Insto Dry Eyes

By MomaLiza - 07.44.00





Saat kemarau panjang seperti ini, debu-debu berhamburan di sepanjang  jalan. Ditambah banyak orang yang membangun atau merenovasi rumah. Debunya? Hmm, bukan main. Bikin mata sepet, perih dan merah. Terbayang kan, betapa sengsaranya menjadi macan ternak  kayak saya. Lho, apa hubungannya?


Jadi gini, Mom, macan ternak alias mama cantik anter anak ini kan emang jadi salah satu tugas wajib yang meski saya emban setiap hari meski nggak cantik, ya anggap aja cantik, biar urusan jadi gampang. Wira-wiri di jalan macam setrikaan sudah jadi santapan harian. 

Nah, di musim kemarau seperti sekarang, di mana tanah kering dan debu jalanan begitu pekat, maka mata kita otomatis menjadi sangat rentan terkena debu. Apa lagi saya sering lupa memakai kaca mata pelindung. Jadi mata sering terasa kering, sepet dan perih. Gimana nggak sengsara coba?

Padahal, kita tentu faham pentingnya mata sebagai salah satu bagian dari panca indera.  seperti mata kering, misalnya, akan menyulitkan aktivitas harian kita secara keseluruhan.

Apa sih mata kering itu?

Mata kering adalah kondisi saat mata tidak mendapat pelumasan yang memadai dari air mata. Jadi ketika ada benda asing, seperti debu, masuk ke mata, maka mata tidak memiliki cairan yang cukup untuk menghilangkan atau mengeluarkan debu tersebut. Sering juga disebut keratoconjunctivitis sicca atau sindrom mata kering. Akibatnya, mata tentu terasa sangat tidak nyaman. 

Jika pada mata yang sehat, kelenjar air mata yang memproduksi air mata  akan senantiasa melindungi dan membersihkan kornea mata secara otomatis setiap kali kita mengedipkan mata. Air mata ini pula yang membuat permukaan kornea tetap halus dan membuang zat-zat yang pengganggu yang masuk secara tiba-tiba, contohnya debu dan kuman.

Mom, berdasarkan penelitian,  mata kering lebih banyak dialami wanita dibandingkan pria lho. Dan dengan bertambahnya usia, risiko mata kering juga semakin meningkat.

Apa sih gejala mata kering?

Gejala mata kering jika mata terasa :
·        1. MATA SEPET, seperti berpasir, penglihatan terasa buram, sensitif terhadap sinar matahari
·         2. MATA PEGEL, mata terasa mudah lelah,
·        3. MATA PERIH, mata menjadi merah, terasa panas, sulit membuka mata saat bangun tidur.

Sebetulnya, apa sih penyebab mata kering?

Mata kering bisa disebabkan karena beberapa penyebab, yaitu :

1. Air mata lebih cepat menguap

Kondisi ini dapat disebabkan oleh cuaca/iklim ( angin, asap, debu jalanan atau udara kering). Atau mata jarang berkedip ( saat serius membaca atau terlalu lama di depan komputer). Nah, faktor inilah yang sering dialami mamak-mamak penguasa jalanan plus penulis semacam saya :)

2. Produksi air mata berkurang

Kondisi seperti ini bisa karena faktor usia atau terkena penyakit tertentu (seperti diabetes, dan beberapa penyakit autoimun). Bisa juga akibat mengkonsumsi obat-obatan dan terkena radiasi yang merusak kelenjar air mata. Pada wanita, perubahan hormon akibat kehamilan dan mengkonsumsi pil KB, juga menambah risiko mata mengalami kekeringan.

3. Komposisi air mata tidak seimbang

Air mata terdiri dari minyak, air dan lendir dengan komposisi tertentu. Jika komposisi ini terganggu, maka hal itu bisa menyebabkan mata kering.

Bagaimana cara mengobati mata kering?

Untuk pengobatan mata kering yang tergolong ringan dan hanya terjadi sesekali saja, kita bisa menggunakan obat tetes mata Insto Dry Eyes
Sebagai air mata buatan, Insto Dry Eyes  mengandung bahan aktif yang dapat mengatasi kekeringan pada mata. Selain itu juga mengandung bahan aktif yang bisa membunuh bakteri dan kuman yang menyerang mata.


Cegah mata kering dengan  Insto Dry Eyes yang berfungsi sebagai pelumas buatan yang aman untuk mata

Oya, Mom, Insto termasuk aman digunakan dan dapat dibeli secara bebas. Jadi sangat membantu untuk mengurangi dan mencegah mata kering. Maka  jangan heran bila produk ini sering mendapat penghargaan sebagai brand terbaik.

 
Meraih penghargaan  2019 sebagai Brand Terbaik (Koleksi Insto)
Namun, jika mata kering disebabkan oleh faktor medis karena suatu penyakit, kita bisa meminta dokter untuk mengganti obat agar tidak menimbulkan mata kering.

Pencegahan mata kering bisa kita lakukan dengan langkah-langkah berikut :

·       1. Menggunakan kacamata pelindung untuk menghindari debu, angin, panas dan asap saat berkendara di jalanan.
·          2. Menghindari pemakaian riasan pada mata.
·        3. Menghindari asap rokok.
·        4. Tidak lupa mengistirahatkan mata saat bekerja di depan komputer.

·        Banyak mengkonsumsi asam lemak omega 3 yang dapat memperbaiki kondisi mata.
Nah, Mom, demikian pengenalan mata kering yang terkadang menyapa kita di musim kemarau seperti sekarang ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan kita bisa say : Bye Dry Eyes!

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar

Sahabat Moma, saya akan senang sekali bila Anda berkenan menitipkan jejak pada kolom komentar.
Dimohon untuk tidak meninggalkan link hidup. Bila tetap dilakukan, dengan terpaksa saya akan menghapus komentar tersebut.
Semoga silaturahmi kita terus terjaga.
Terima kasih... ^_^