Kamis, 10 Mei 2018

5 Tips Menjalani Bulan Ramadhan Ekstra Happy Bersama Anak-Anak


5 Tips menjalani ibadah di Bulan Ramadhan bersama anak-anak


Bulan Ramadhan tinggal hitungan jari. Ini bulan yang istimewa. Bulan bertabur pahala. Segala yang kita lakukan bisa bernilai ibadah, bahkan saat kita tidur pun. Asyik banget kan ya? Bukan hanya saya, ternyata Arsyad  dan Zidna juga antusias menyambut kehadiran bulan suci ini. Rasanya, kali ini saya ingin menghadirkan Ramadhan Ekstra Happy bersama anak-anak.

Nah, ini tentunya perlu disiapkan juga, yekan, Mom?

Bagi Arsyad yang sudah duduk di kelas 1 SD, nggak terlalu ribet menjelaskan. Karena ia sudah mendapatkan dari informasi sekolahnya ( ia bersekolah di SDIT). Nah, Zidna yang baru mau masuk sekolah tahun ini, tentu menjadi tugas tambahan bagi ibu untuk menerangkan keistimewaan Bulan Ramadhan.

Berikut ini tips menjalani Bulan Ramadhan Ekstra Happy bersama anak-anak :


1. Membacakan dan menyediakan buku-buku anak, terutama yang berkaitan dengan Bulan Ramadhan


Yup, ini cara termudah, Mom, agar anak-anak, terutama yang belum sekolah, belajar mengenal bulan istimewa ini. Selain itu, Mom, membacakan buku bisa membuat hubungan ibu dan anak semakin lekat loh.

Ketersediaan buku ini juga bermanfaat untuk mengalihkan anak-anak (yang sudah bisa membaca), dari rasa lapar dan haus saat belajar berpuasa di siang hari. Tidak sedikit anak-anak termotivasi menjalani puasa karena membaca buku.

2. Melatih anak menjalani ibadah puasa


Sejak anak-anak belum sekolah, kami memang membiasakan anak-anak ikut sahur dan berbuka puasa. Menyadari bahwa berpuasa itu berat, terutama bagi anak-anak yang tidak terbiasa menahan haus dan lapar, maka mereka pun perlu dilatih.

Melatih anak untuk menahan haus dan lapar  sampai waktu-waktu tertentu, tidak mudah lho, Mom. Tapi bukan berarti tidak mungkin. Biasanya kami menerapkan batas waktu tertentu untuk anak usia pra-sekolah.  Misal, sampai jam 10 pagi atau waktu dzuhur.


Dengan bertambahnya usia, waktunya pun akan semakin panjang, hingga akhinya mereka bisa berpuasa penuh seharian. Latihan ini penting untuk mengenalkan arti puasa dan mengasah empati mereka terhadap sesama.

3. Mengajak anak tarawih di mesjid


Aha, mereka antusias sekali sholat di mesjid. Mesjid yang lebih ramai dari biasanya membuat anak-anak menyambut suka cita setiap waktu sholat tarawih. Terutama Zidna, apalagi dengan mukena baru yang ibu belikan secara online.

Pssst, saya kasih tahu ya, belanja yang paling menyenangkan itu ya belanja online di Tokopedia.

Mengapa saya suka belanja online di Tokopedia?
Ini nih alasannya :


  • Mudah :

Kita bisa menemukan barang yang kita butuhkan hanya dengan menskrol layar hape, berbagai pilihan terpampang di depan mata. Menunggu dipilih.
Enaknya belanja online di Tokopedia, kita bisa membandingkan harga di setiap toko tanpa perlu bersusah payah menawar atau berjalan dari satu toko ke toko lainnya. Mudah dan nggak capek, yekan Mom?


  • Murah :

Kita bisa mendapatkan harga termurah dengan membandingkan harga yang ditawarkan di toko-toko online Tokopedia. Juga memanfaatkan promo-promo spesial yang ditawarkan Tokopedia. Ini asli murah lho! 

Manfaatkan promo Ramadhan Ekstra di Tokopedia

Jadi jangan lewatkan kesempatan promo spesial di Tokopedia sepanjang bulan Ramadhan. Kabarnya, tanggal 25 Mei nanti akan ada rahasia kejutan di Tokopedia yang membuat Ramadhan menjadi ekstra spesial!

Kira-kira kejutan apa yang diberikan Tokopedia pada tanggal 25 Mei? Mungkinkah potongan harga gila-gilaan menjelang lebaran?


  • Irit

Belanja Online tuh beneran irit loh, Mom. Secara pikiran dan mata kita fokus hanya membeli dan mencari barang yang sesuai dengan kebutuhan. Tahu sendiri-lah ya, yang namanya mamak-mamak kalau belanja butuhnya mukena anak, sampai ke pasar, tiba-tiba semua terasa butuh. Sampai kadang malah lupa mukena anak yang semula ingin dibeli. 

Nggak perlu dandan pula, jadi selain irit kantong juga irit waktu. Kita juga bisa memilih toko terdekat agar lebih cepat dan ongkirnya lebih murah. Sepakat?


  • Aman

Nah, ini salah satu alasan lain yang membuat suami saya jatuh hati dengan Tokopedia. Barang aman sampai di rumah dan sesuai dengan keinginan. Nggak ada cerita barang hilang lenyap di tengah jalan. Atau ada aksi tipu-tipu.

Baca :Mudahnya Memesan Tiket KA di Tokopedia
   
Bahkan, beberapa waktu lalu ketika laptop suami bermasalah dan membutuhkan nota toko untuk klaim asuransi, kami bisa mendapatkan nota tersebut dari toko yang bersangkutan. Urusan service laptop pun lancar tanpa biaya sedikit pun. Asyik kan?


4. Merancang berbagai alternatif kegiatan pengisi di Bulan Ramadhan


Aha, untuk mengisi hari libur di bulan Ramadhan, banyak loh kegiatan yang bisa mengalihkan perhatian Si Kecil dari rasa haus dan lapar. Misalnya : mewarnai, menyusun puzle, bermain tanah, meronce, bermain monopoli dan melakukakan berbagai eksperimen dan kreasi (ah, biasanya, Rabbani yang hobi sekali membuat hal-hal yang kreatif)

Banyak sekali kegiatan yang bisa disiapkan ya, Mom. Intinya, banyak-banyak memberikan kegiatan dalam rumah yang menyenangkan dan tidak terlalu menguras tenaga anak-anak.

Bagi anak-anak yang hobi bergerak, kita bisa mengajak mereka mendirikan tenda-tendaan di dalam atau pekarangan rumah loh. 

Atau mengajak anak-anak berbagi dengan sesama, dengan menyiapkan paket-paket sembako dan menyerahkannya pada yang berhak. 

Hal-hal sederhana semacam ini tentu akan membuat kesan mendalam diri anak-anak dan menumbuhkan rasa bahagia dengan cara berbagi dengan sesama.

5. Mengajak anak-anak menyiapkan menu berbuka puasa

 
Mengajak anak-anak menyiapkan menu berbuka puasa



Membantu ibu di dapur seringkali menjadi acara favorit anak-anak. Mereka bisa membantu menyiapkan minuman atau makanan untuk berbuka. Ini tentu mengasyikkan. Dan membuat anak-anak bersemangat menjalani ibadah puasa.

Misalnya, memberi kesempatan pada anak-anak untuk mencetak puding pada cetakan-cetakan yang lucu-lucu. Atau,  membantu membulat-bulati adonan biji salak. Ini seru dan mengasyikkan.

Baca juga : Kerjasama Anak, Membangun Impian yang Tertunda

Ok, demikian ya, Mom. Semoga tips Ramadhan Ekstra happy bersama anak-anak ini bermanfaat bagi pembaca. Selamat menjalankan ibadah bulan puasa. Semoga kita meraih kemenangan  di hari yang fitri. Aamiin...

3 komentar:

  1. Belanja onlen emang praktis, irit ongkos ga pake maceet ya Teeh.
    Hayu..belanjaaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, ituuu... Apalagi pas bulan puasa. Gak pake keringat dan ngiler.

      Hapus
  2. Makasih Mba.. Manfaat banget nih, aku lg dagdigdug mau ngajarin Hasna puasa. Alhamdulillah sdh punya buku tentang Ramadan, tapi blm dibacain ��

    BalasHapus

Sahabat Moma, saya akan senang sekali bila Anda berkenan menitipkan jejak pada kolom komentar.
Dimohon untuk tidak meninggalkan link hidup. Bila tetap dilakukan, dengan terpaksa saya akan menghapus komentar tersebut.
Semoga silaturahmi kita terus terjaga.
Terima kasih... ^_^