Rabu, 13 September 2017

3 Alasan Penting Memberikan Susu Formula Untuk Anak

3 Alasan penting yang membuat saya memberikan sufor untuk anak



Syahid baru berusia 9 bulan. Masih full ASI plus Mpasi. Saya belum memberinya susu formula (sufor). Biasanya saya mulai memberikan susu tambahan pada anak ketika usianya satu tahun. Penting nggak sih memberikan susu formula bagi Si Kecil?

Kalau menurut saya sih, iya. Pemberian ASI tetap saya upayakan genap 2 tahun. Namun, pemberian susu tambahan juga penting untuk perkembangan anak.

Alasannya, pertama, yang terjadi pada saya adalah berkurangnya volume ASI yang terjadi signifikan. Terutama ketika bayi mulai mengenal makanan pendamping. Jadi saya rasa, bayi saya akan kekurangan sejumlah zat-zat penting untuk pertumbuhan bila hanya mengandalkan ASI semata. 

Penekanannya bukan karena susu tambahan lebih baik dari ASI. Karena menurut saya, ASI tetap persembahan alam yang terbaik bagi bayi. Akan tetapi pada volume ASI yang terus berkurang seiring penambahan usia bayi (dan ibunya).

Bila ada yang bilang, ah itu hanya karena emaknya aja yang males meningkatkan jumlah ASI.

Ok, saya terima tuduhan itu dengan lapang dada. Akan tetapi, saya-lah yang paling mengenal diri saya dan seberapa banyak ASI --yang saya hasilkan-- mampu memenuhi kebutuhan bayi saya.

Alasan kedua, agar ketika anak disapih, ibu tidak terlalu repot mengenalkan susu pada anak. Dan memang, semua anak-anak saya doyan minum susu pasca disapih, sampai mereka beranjak remaja dan dewasa. Jelas hal itu membuat saya merasa tenang dan terhindar dari rasa bersalah.

Alasan ketiga karena anak membutuhkan zat-zat serta mineral penting yang berguna di masa pertumbuhannya, yang mana hal tersebut tersebut biasanya ada dalam segelas/sebotol susu yang kita berikan.

Alasan-alasan tersebut memang sederhana, tetapi proses yang sederhan itu terkadang menjadi rumit bila dikaitkan dengan berbagai pertimbangan memilih susu formula yang terbaik bagi anak.
Memilih susu formula yang baik untuk anak

Nah, S-26 Procal Gold tahap 2 ini bisa dijadikan pilihan, untuk membantu mengoptimalkan dan meningkatkan daya tahan tubuh anak. Karena susu formula dari Wyeth Nutrition ini mengandung 5 kebaikan berikut.

    1. 5 NUKLEOTIDA
Mendukung sistem imunitas si Kecil dan mengurangi risiko diare

2. PREBIOTIK
Mendukung sistem pencernaan sehat dan mengurangi terjadinya konstipasi.

3. VITAMIN C, SELENIUM dan INC
Mendukung daya tahan tubuh 

 4. VITAMIN E
Dibutuhkan tubuh untuk membatasi produksi radikal bebas yang membahayakan tubuh anak.

5. VITAMIN B KOMPLEKS
Penting untuk metabolisme enaergi dan pembentukan jaringan.

Zat penting lainnya yang terkandung dalam susu formula ini berperan untuk meningkatkan kemampuan mengamati dan berpikir anak. Apa saja?

·         1. DHA, AA dan Vitamin A
Mendukung fungsi penglihatan dan perkembangan otak

·        2. OMEGA 3 dan OMEGA 6
Asam lemak esensial, baik untuk pembentukan DHA  & AA juga komponen pembentuk membran sel otak. Oya, asam lemak ini tidak bisa dibentuk oleh tubuh.

·        3. KOLIN dan ZAT BESI
Mendukung fungsi perkembangan otak dan meningkatkan fungsi daya ingat.

Oya, Mom, yang menurut saya perlu juga diwaspadai ada tidaknya alergi Si Kecil pada susu sapi. Karena banyak kasus orangtua tidak mengetahui alergi anak terhadap protein tinggi yang berasal dari sapi. 
Bila hal itu terjadi ada baiknya ibu segera berkonsultasi pada dokter dan memilih protein susu nabati sebagai alternatif untuk menunjang tumbuh kembang Si Kecil.

Semoga bermanfaat.
  

2 komentar:

  1. anak saya juga anak sufor, kalau tidak ada ASI ibu terpaksa kan harus alternatif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mas, yang penting kebutuhan gizi dan mineral penting terpenuhi

      Hapus

Sahabat Moma, saya akan senang sekali bila Anda berkenan menitipkan jejak pada kolom komentar.
Dimohon untuk tidak meninggalkan link hidup. Bila tetap dilakukan, dengan terpaksa saya akan menghapus komentar tersebut.
Semoga silaturahmi kita terus terjaga.
Terima kasih... ^_^