Sabtu, 22 April 2017

Resep Masakan Rumahan Favorit Ala Moma



Ayam Tepung Saos Tiram - Masakan rumahan ini favorit keluarga saya.


Menjadi ibu dengan banyak anak, mau tak mau, dibutuhkan kreativitas tinggi dalam berbagai hal. Terutama urusan perut. Bila uang di kantong selalu tersedia, tentu nggak jadi masalah dong ya? Nah, bagaimana bila menghadapi tanggung bulan? Bisakah tetap menyediakan masakan rumahan favorit keluarga?


Ini menjadi tantangan tersendiri bagi saya lho. Maklumlah dengan  7 anak (4 di antaranya pelahap apa saja) terkadang, saya dipusingkan tidak hanya menu, melainkan juga jumlah  makanan yang harus banyak. 

Nah, untuk menyikapi persoalan ini, saya sih biasa melakukan eksperimen. Dari berbagai menu masakan  rumahan ala-ala,  ternyata yang sangat disukai anak-anak – juga bapaknya anak-anak—adalah   ayam tepung saos tiram.

Menu ini menjadi andalan saya, terutama menjelang akhir bulan dan uang di kantong nyaris sekarat. Hehehe... Tapi betul,  menu ini relatif bersahabat di dompet dan memuaskan selera anak-anak, selain itu... hasilnya buanyak.

Jadi biasanya saya sweeping isi kulkas menjelang akhir bulan. Seketemunya. Entah sayur-mayur ataupun lauknya. Ada ayam, ok. Ada baso, jadi. 
(Kalo nggak ada keduanya? Ya nggak jadi masak. Beli matengan aja. Huuu...)
Andai bisa beli matengan terus, tentu kreativitas para emak tidak akan bertambah. Jadi syukuri saja keterbatasan saat tidak bisa membeli matengan. Oke oce? Siip.

Kembali ke soal menu yang penuh tantangan di atas.  Kebiasaan saya menyimpan ayam beku dan printilan bumbu sangat terasa faedahnya di saat kantong sekarat.  Saya bisa berkreasi dengan bumbu-bumbu sederhana dan keterampilan memasak alakadarnya untuk menyajikan menu yang disukai seluruh anggota keluarga.

Bagi yang berminat menyajikan masakan rumahan sederhana, berikut resep andalan saya.

Ayam Tepung Saos Tiram

Bahan :

Daging ayam (suwir-suwir agak besar) 200 gr
Sawi putih (potong agak besar) 100 gr
Wortel (iris sesuai selera) 2 buah
Bawang daun (iris agak besar)
Bawang Bombay  (jika ada) 1 buah
Bawang putih dan merah  (iris halus) secukupnya
Saos tiram 2 sdm
Tepung terigu secukupnya
Penyedap rasa  (saya suka pakai Royco) 
Garam dan  Gula sesuai selera

Cara membuat :

Buat adonan seperti adonan bakwan,  tambahkan penyedap rasa – bila suka, dan garam. Masukkan  suwiran ayam ke dalam adonan, goreng hingga cokelat keemasan. Sisihkan.

Membuat saos plus sayur :

Tumis irisan bawang (bombay, merah dan putih) dengan mentega. Setelah harum, tambahkan irisan wortel lalu sawi putih. Jangan lupa tambahkan air secukupnya, juga gula putih (sesuai selera) dan saos tiram.
Tambahkan larutan maizena. Cicipi.

Terakhir campurlah ayam goreng tepung ke dalam tumisan sayur. Aduk merata lalu hidangkan.

Dijamin suka. Selamat mencoba!

Baca ini juga ya, Mom...


4 komentar:

  1. Assalamu'alaikum. Patut dicoba nih mbak menunya. Memang sih daripada beli yang sudah matang mending buat sendiri, selain kebersihan terjaga, bisa lebih hemat di kantong. Makasih share info masakannya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam...Ayo cobain deh, mbak. Praktis, enak dan irit di dompet. Dan yang pasti lebih sehat daripada beli.

      Hapus
  2. Aku juga sama mak, kadang suka mengkreasikan dari bahan yg ada, hihi. Pokoknya jadi enak aja, nyampur2 sreng sreng, wkwkwk. Kl pas sempet, lagi ngendem di rumah aja :D boleh nih resep!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asal ada niat sih yang pasti. Dan sedikit paksaan,,, apa aja bisa kita masak,wkwkwk

      Hapus

Sahabat Moma, saya akan senang sekali bila Anda berkenan menitipkan jejak pada kolom komentar.
Dimohon untuk tidak meninggalkan link hidup. Bila tetap dilakukan, dengan terpaksa saya akan menghapus komentar tersebut.
Semoga silaturahmi kita terus terjaga.
Terima kasih... ^_^