Sabtu, 11 Maret 2017

7 Perlengkapan Wajib Travelling dengan Keluarga Besar dan Berkendaraan Umum



 
Tas serbaneka memuat merupakan perlengkapan wajib yang harus dibawa saat travelling.

Travelling, wow,  siapa sih yang nggak suka? Tapi membayangkan sebuah perjalanan dengan anggota sebanyak keluarga saya, duh, jelas bisa bikin kening berkerut. Persoalan bertambah rumit bila harus menggunakan kendaraan umum.


Yup, saya pernah mengalaminya. Ketika mendadak harus pulang ke Bandung, dan kondisi memaksa untuk menggunakan  kendaraan umum. Sebagai ibu, tentu saja tugas memilah dan memilih perlengkapan yang harus dibawa menjadi tanggung jawab ibu. 

Akhirnya dengan mempertimbangkan kondisi anak-anak dan suami, saya hanya membawa barang-barang dan perlengkapan yang wajib selama perjalanan hingga kembali ke rumah.

7 Perlengkapan wajib dibawa jika mengadakan travelling bersama keluarga besar dengan kendaraan umum

1. Pakaian

Pakaian tentu menjadi perlengkapan wajib yang memakan banyak tempat. Nah, agar tidak terlalu berat, pakaian yang wajib dibawa selain yang casual dan nyaman dipakai, juga yang sesuai dengan acara yang akan dihadiri. Masa sih bawa baju blink-blink untuk acara takziah? Enggak banget kan ya...

Daaan, anak-anak yang sudah besar harus membawa tas ransel sendiri. Agar beban tidak tertumpu di satu titik, yakni bahu bapak. Hehehe... ni juga akan memudahkan mereka mencari barang yang dibutuhkan tanpa mengutak-atik koper milik orangtua. Seperti perlengkapan mandi masing-masing.

2. Obat-obatan pribadi.

Anak-anak saya memiliki riwayat alergi. Sementara suami mengidap autoimun, sehingga obat penawarnya harus selalu siaga. Baca deh Kekurangan kalium bisa menyebabkan kelumpuhan Begitu pula perlengkapan ringan semacam salonpas, minyak kayu putih dsb. 

3. Perangkat komunikasi dan kerja

Sulit diingkari keterikatan kita pada gawai dewasa ini nyaris menjadi sebuah keniscayaan. Kita tidak bisa lepas dari hape barang sehari pun. Begitu juga dengan laptop, ipad, netbook yang menjadi perangkat kerja. Apalagi sebagai penulis, barang-barang tersebut wajib untuk disertakan dalam perjalanan.

4. Makanan ringan

Yup, makanan ringan berupa roti, chiki-chikian, buah-buahan,  minuman atau permen juga merupakan barang yang harus dibawa untuk menghindari bete selama dalam perjalananan.

5. Buah Tangan

Meski tidak wajib, tetap saja rasanya menyenangkan bila bisa membawakan sekadar buah tangan untuk orang yang kita kunjungi. 

6. Tas Serbaneka

Tas serbaneka ini identik dengan emak-emak rempong semacam saya. Selain berisi dompet, biasanya saya memasukkan obat-obat ringan, dua buah diaper, baju ganti untuk anak balita, tisu basah, tisu kering, kantong keresek, makanan, permen dan kunci. Tentu termasuk tiket perjalanan.

7. Perlengkapan bayi

Biasanya saya menyediakan satu tas khusus untuk keperluan bayi. Yang memuat semua kebutuhan bayi. Karena tidak selalu di tempat yang kita kunjungi tersedia kebutuhan untuk batita.

Nah sahabat Moma, dengan perlengkapan di atas, saya dan keluarga siap melakukan travelling kemana pun, baik dalam rangka mudik ataupun menjalin silaturahmi ke sanak saudara di berbagai tempat.

Oops, jangan lupa, kunjungi juga ya blog Mbak Prita tentang asyiknya staycation in Yogyakarta. Plus jangan lupa juga etika meminta oleh-oleh 

2 komentar:

  1. oh iya mak, aku jug abayangin kalo misal udah ga berdua, pasti traveling keluarga besar kayak Mak Liza butuh persiapan ekstraaa yaaaa :)

    BalasHapus
  2. Artikel yang sangat bagus untuk dibaca! Salam Kenal!
    freddygunawan.com

    BalasHapus

Sahabat Moma, saya akan senang sekali bila Anda berkenan menitipkan jejak pada kolom komentar.
Dimohon untuk tidak meninggalkan link hidup. Bila tetap dilakukan, dengan terpaksa saya akan menghapus komentar tersebut.
Semoga silaturahmi kita terus terjaga.
Terima kasih... ^_^