Sabtu, 11 Februari 2017

Tips Mengatasi dan Mencegah Ambeien Saat Hamil




Yuk, atasi dan cegah ambeien saat hamil. (Foto : Pixabay)

Pernah merasakan 'sedapnya' sakit ambeien? Wow banget kan rasanya? Nah, bayangkan bila mengalami ambeien saat hamil.  Asli, enggak banget deh. Dan itu yang saya alami saat hamil kemarin.



 Mom, keluhan ambeien memang sering dirasakan ibu hamil terutama menjelang persalinan dan setelah persalinan. Saya sendiri mengalami ini ketika pasca melahirkan anak ke-5 dan ketika menjalani tri semester ke-3 pada kehamilan ke-7 kemarin. Ternyata, baik sebelum melahirkan, maupun sesudah melahirkan, rasanya sama-sama nggak ada enak-enaknya, Mom. :p (perlu banget yak dibahas?)

Kok ya bisa ambeien?

Seperti yang kita tahu, kehamilan yang sehat menyebabkan terjadinya perubahan fisik bagi calon ibu. Sesuai dengan tahap perkembangan janin di dalam tubuhnya. Semakin bertambah usia dan ukuran janin, semakin jelas perubahan fisik yang dialami sang ibu.

Ternyataaa, perubahan fisik ini kerap diikuti dengan perubahan pada pembuluh darah, terutama pembuluh darah di bagian rektum. Bagian ini mengalami pembesaran akibat banyaknya darah yang beredar pada daerah rektum, terutama pada tri semester terakhir. 

Kondisi rahim yang terus membesar menimbulkan tekanan pada daerah tersebut sehingga menimbulkan pembengkakkan di bagian rektum, inilah yang kita sebut ambeien atau wasir.

 Pada tahap pertama,  terjadinya ambeien saat hamil tidak menimbulkan rasa nyeri. Hanya terasa seperti ‘benjolan’ kecil yang menutupi lubang di sekitar rektum dan terasa pegal. Benjolan ini pun bisa masuk dengan sendirinya.

Begitu pun bila ambeien ini masih berada pada tahap kedua, masih belum menimbulkan rasa nyeri, meskipun memerlukan bantuan untuk memasukkan bagian yang menonjol itu ke dalam.

Namun bila tidak ditangani dengan benar, ambeien ini bisa menimbulkan luka dan rasa nyeri akibat peradangan. Nah, nah, kalau sudah sampai pada tahap ketiga ini, rasanya bukan main. Jangankan beraktivitas, tidur saja terasa sakit. Jangankan buang air besar, buang angin saja bisa menimbulkan trauma.

Daripada mencicipi sakitnya ambeien, lebih baik kita mencegah munculnya ambeien saat hamil ini ya, Mom?

Cara mencegah ambeien saat hamil


1. Hindari sembelit

Cara mudah menghindari sembelit, mau tak mau, kita harus memperbaiki pola konsumsi. Banyak menyantap sayuran berserat dan buah-buahan. Dan jangan lupa minum air putih yang cukup.

2. Hindari mengejan pada saat buang air besar

Sering mengejan juga bisa menyebabkan ambeien lho. Untuk menghindarinya, usahakan untuk buang air besar secara teratur dan rutin setiap hari. Selain menghindari ambeien juga membuang toksin yang bisa menimbulkan berbagai penyakit lain semacam tumor, dll.

3. Jagalah otot di sekitar rektum agar tetap kuat

 Otot bagian rektum bisa diperkuat dengan melakukan latihan Kegel. Senam khusus untuk menguatkan organ kewanitaan kita.

Lalu bila sudah terlanjur nyeri, apa yang harus kita lakukan? 

Menurut Philip D. Sloane, M. D & Salli Benedict, M.Ph. dalam bukunya Petunjuk Kelangkap Kehamilan, tips berikut bisa dilakukan untuk meredakan nyeri ambeien saat hamil.
 

Tips meredakan nyeri ambeien saat hamil

1. Gunakan lap basah yang lembut

Setiap kali membersihkan tubuh, terutama bagian rektum, gunakanlah kain lap bayi yang lembut dan basah. Jangan menggunakan kain kasar atau kertas toilet.

2. Berendam air hangat

Bila memungkinkan, berendam menggunakan air hangat selama 20 menit itu asyik lho. Sebab bisa membantu mengurangi pembengkakan ambeien serta meredakan rasa nyeri.

3. Oleskan minyak

Mengoleskan minyak zaitun (bisa juga minyak klentik) untuk mengurangi nyeri akibat luka lecet yang terjadi pada ambeien.

4. Segera ke dokter

Bila ambeien yang sudah mengeras dan sangat peka terhadap sentuhan,  menimbulkan rasa nyeri yang sangat  dan disertai keluarnya darah, segeralah berobat ke dokter, Mom. Obat dalam yang diberikan dokter akan sangat membantu mengurangi nyeri peradangan akibat ambeien.

Begitulah,Mom, tidak ada penyakit yang enak untuk ditanggung. Apa lagi menanggung nyeri ambeien saat hamil. Enggak banget deh. Semoga tulisan ini bermanfaat ya. Sehat, sehat, sehat terus ya, Mom. Salaam ^_^


Referensi :
Petunjuk Lengkap Kehamilan, Philip D. Sloane, M. D & Salli Benedict, M.Ph., Mitra Utama, Jakarta, 1997

16 komentar:

  1. Alhamdulillah aku hamil gak pernah ambien Mbk, cuma kalau kaki sering banget kram, hiiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu harus disyukuri loh Mbak Naqi, ambeien tu gak enaaaaak banget.

      Hapus
  2. Alhamdulillah dulu waktu hamil bebas dari ambeien.. Hehehee. Ntar kalo hamil ke-3 bakal lebih mawas diri lagi deh sama ambeien ini. Maksi tipsnya ya maaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya baru ambeien setelah kehamilan ke5, Mba Adriana. ^_^
      Mungkin karena udah terlalu berat ya?

      Hapus
  3. Tambahan mbak.. Hindari makanan pedas.. Itu juga berpengaruh pada ambien.. Soalnya saya juga ambien mbak.. Hikz hikz..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betuuuuuuuul. Makanan pedas memang memicu ambeien. Tergantung juga sama ketahanan fisik.

      Hapus
  4. waktu hamil aku juga rajin banget bawa tisu basah hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah.. iyakah? Ada kegiatan tambahan ya, Mbak Fika.

      Hapus
  5. waaa lengkap banget mba Liza makasih yaa artikelnya. Andai aku udah baca ini pas hamil dulu, huhu.. Soalnya nyiksa banget pas hamil dan punya ambeien...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bangeeeeet nyiksanya. Jangan sampe lagi deh kita ngalamin kejadian kayak gini ya, mBak Fitzata?

      Hapus
  6. Ambien atau wasir emang sering terjadi pada ibu hamil ya mbak Liz. Kadang memang karena pengaruh kehamilan itu sendiri. Tapi ya seperti ya mbak liza tuliskan tadi, kita harus banyak makan yang berserat n minum air putih yang banyak agar ga ambien

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo dipikir-pikir emang wajar juga ya, Liza. Secara bagian rektum itu keteken-tekan sepanjang waktu apalagi kalo sembelit.

      Hapus
  7. Pernah ambeien setelah seminggu melahirkan. Awalnya gegara sembelit. Duh menderita banget.Alhamdulillah sekarang sudah sembuh. Sembuh sendiri dengan pola makan teratur dan banyak minum air putih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. I feel youuuu, mbak Lina. Pas melahirkan anak ke-5 tuh, pulang dari RS ujug2 ambeien. Tersiksa banget deh....

      Hapus
  8. Berendam air hangat tu enak banget, sayang gak ada bathup tp mandi air panas juga enak sih hehe TFS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang uenak banget mbak April. Hehehe

      Hapus

Sahabat Moma, saya akan senang sekali bila Anda berkenan menitipkan jejak pada kolom komentar.
Dimohon untuk tidak meninggalkan link hidup. Bila tetap dilakukan, dengan terpaksa saya akan menghapus komentar tersebut.
Semoga silaturahmi kita terus terjaga.
Terima kasih... ^_^