Selasa, 14 Februari 2017

7 Tips Sederhana Mengatasi Sakit Punggung Saat Hamil



Ini tips sederhana mengatasi sakit punggung saat hamil. (Poto : Pixabay)

Mengalami sakit punggung saat hamil merupakan hal yang lumrah dialami calon ibu.
Kita tahu, kan, Mom, perubahan fisik serta perubahan hormonal  yang terus berlangsung selama masa kehamilan, merupakan salah satu penyebab timbulnya rasa sakit pada punggung. Apa lagi pada kehamilan yang terjadi di usia rawan.
Baca juga tips cara sehat hamil di usia rawan ini ya, Mom.

 
Begitu pula yang saya alami ketika hamil anak yang ke-7. Rasanya sering sekali saya mengeluhkan rasa sakit pada punggung. Salah bergerak sedikit saja, punggung serta-merta terasa nyeri. Rasa sakit yang terus bertambah berat seiring dengan semakin besarnya janin yang  saya kandung. 

Akan tetapi seberat apa pun 'misi' ini tetap harus berjalan dengan baik. Ibu tetap enjoy  dan debay bahagia di dalam sana. Ya, kan, Mom?
Bagaimana cara mengatasi sakit punggung saat hamil ? Ini saya kasih tips-nya yaa...

7 Tips Mengatasi Sakit Punggung Saat Hamil

1. Melatih posisi tubuh yang benar

Mom, tubuh kita saat hamil cenderung tidak proposional. Ukuran perut yang terus bertambah akan membuat kita kesulitan dalam posisi apa pun. Iya, kan? Berdiri, salah. Duduk, salah. Begitu juga ketika tidur. Tidak ada satu pun posisi tubuh yang membuat kita merasa nyaman.

Nah, untuk mengatasinya  alangkah baiknya jika kita melatih posisi tubuh dengan benar.
Misal :

  • Ketika berdiri Pastikan tubuh berdiri dengan posisi  yang nyaman, tegak dan dagu terangkat serta posisi kaki sedikit terbuka.

  • Ketika duduk Sebaiknya pilihlah kursi yang memiliki sandaran untuk menopang tubuh. Kita juga sebaiknya menjaga agar tubuh tetap lurus dalam kondisi yang nyaman. Bila perlu, kita juga bisa menggunakan bantalan dan meletakkannya di bawah punggung, Mom. Atau pun menggunakan kursi untuk menyangga kaki agar tak mudah lelah.

  • Tidur dalam posisi menyamping Ketika tidur ambillah posisi menyamping dengan lutut yang ditekuk. Kita juga bisa menggunakan guling dan meletakkannya di antara kedua lutut untuk mendapatkan posisi yang nyaman.
Oya, Mom, tidur dengan posisi tubuh telentang tidak dianjurkan loh. Sebab seringkali menimbulkan rasa sesak dan kesulitan bernapas pada ibu hamil. Atau, seperti yang saya alami, punggung tiba-tiba terasa kram.


2. Lakukan gerakan yang benar ketika mengangkat atau memindahkan benda

Hamil bukan berarti kita terbebas dari segala aktivitas kan, Mom?  Ada kalanya dalam situasi tertentu, kita harus mengangkat atau memindahkan benda. Nah, ketika melakukan hal tersebut, pastikan bahwa kita melakukannya dengan gerakan tubuh yang benar dan tidak berlebihan. Lakukan sesuai dengan kesanggupan. 

Jangan khawatir bila dianggap manja. Sungguh, kita berhak kok dapat perlakuan istimewa saat hamil.

Misalnya nih, ketika hendak mengangkat benda berukuran kecil, sebaiknya kita berjongkok terlebih dahulu. Jangan melakukan gerakan membungkuk, apalagi dilakukan secara tiba-tiba.
 

3. Memanfaatkan bantalan panas atau kompres dingin

Meletakkan bantalan panas atau mengompres dengan menggunakan menggunakan kompres dingin pada punggung dapat membantu meredakan nyeri dan menimbulkan perasaan rileks pada punggung. Sudah pernah coba? 

4. Menggunakan pakaian yang nyaman

Memakai pakaian yang nyaman di tubuh. Menggunakan celana khusus wanita hamil yang dirancang untuk menyangga perut.  dan sabuk khusus untuk ibu hamil dapat membantu mengurangi rasa sakit pada punggung.Terutama pada ibu hamil yang memiliki mobilitas tinggi semacam saya, hehehe.

5. Melakukan olah raga ringan

Melakukan aktivitas fisik yang tetap dan sesuai anjuran dokter  dapat menjaga punggung tetap kuat bahkan menghilangkan rasa sakit. Seperti melakukan senam hamil, berjalan pagi. Namun, ingat Mom, lakukan aktivitas itu sesuai dengan kondisi fisik ya.

6. Pijat Ringan

Nah, ini bagian yang paling saya sukai. Pijat ringan yang dilakukan di daerah punggung amat membantu mengurangi rasa sakit dan menimbulkan rasa rileks. Terutama bila rasa sakit itu muncul menjelang persalinan. Saya sering meminta suami untuk menggosok-gosok punggung agar terasa hangat dan nyaman. ( dan saya merasa sangat tersanjung, bila sebelum meminta, suami sudah berinisiatif memijat punggung yang lelah ini. ^_^)

7. Konsultasi pada dokter

Mom, bila rasa sakit pada punggung terasa semakin hebat, apa lagi disertai mulas dan ada bercak darah, baiknya segeralah berkonsultasi pada dokter. Rasa sakit itu bisa jadi pertanda bahwa waktu persalinan sudah semakin dekat. Dan Anda, Mom,  memerlukan bantuan medis yang tepat.

Sakit punggung saat hamil memang sering tak terelakkan ya, Mom. Semoga tips di atas bermanfaat agar dapat menjalani kehamilan yang menyenangkan. Selamat mencoba ^_^. Salaam. 

Baca-baca ini juga yaaa :



6 komentar:

  1. Wah pas banget nih lagi back pain saat hamil, tfs ya tips nya akan saya coba Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip-sip. Semoga sehat selalu ibu dan debaynya yaa

      Hapus
  2. Mungkin jangan banyak nunduk juga kali ya mbak biar ga gampang capek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, mbak Manda. Banyak menunduk bikin pegel. Dan itu dilema buat penulis yaa

      Hapus
  3. Iya ya saat hamil serba salah, miring kiri ,miring kanan. Terimakasih Sharing nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaupun serba salah, tapi tetap menikmati prosesnya kan mbak Ria? ^_^

      Hapus

Sahabat Moma, saya akan senang sekali bila Anda berkenan menitipkan jejak pada kolom komentar.
Dimohon untuk tidak meninggalkan link hidup. Bila tetap dilakukan, dengan terpaksa saya akan menghapus komentar tersebut.
Semoga silaturahmi kita terus terjaga.
Terima kasih... ^_^