Senin, 19 September 2016

Udang Saos Tiram Spesial


Udang Saos Tiram Spesial. Sumber foto :Pixabay

Dulu semasa kecil, menyantap udang berukuran besar itu adalah hal yang biasa, karena kami tinggal di Kepulauan Riau. Di mana kekayaan laut berlimpah. Ketika itu mama biasa memasak udang goreng dengan bumbu khas yang sederhana namun hasilnya nikmat luar biasa. Rasanya antara gurih dan manis.


Setelah hidup berkeluarga dengan suami yang memiliki riwayat alergi makanan laut, udang tidak lagi menjadi menu yang kerap saya jumpai. Saya selalu memilih jenis makanan yang relatif aman untuk dikonsumsi sekeluarga.

Namun belakangan ini, saya kerap mendapat hadiah istimewa dari Si Nenek Pemulung. Oh, ya nenek pemulung ini memang kerap datang ke rumah. Terkadang ia menjual telur asin, dan saya selalu berusaha untuk membelinya. Sekali waktu ia datang membawa udang besar yang masih segar.

Udang tersebut merupakan oleh-oleh dari kerabatnya yang datang berkunjung. Dan, ia memberikannya pada saya!
Mengharukan sekali kan ya?

Pemberian itu ternyata tidak hanya sampai di situ. Setelah pemberian pertama itu, ternyata diikuti pemberian udang-udang berikutnya. Hampir rutin sebulan sekali dalam kurun waktu 3 bulan ini.
Okey, tidak ada pemberian yang gratis. Setidaknya, itulah yang saya fahami dalam berinteraksi dengan sesama. Agar keseimbangan tetap terjaga ^^.

Lalu bagaimana dengan udang-udang nan menggugah kenangan itu?

Mengolah udang sesungguhnya tidaklah rumit. Dimasak dengan bumbu alakadarnya pun, tetap menjadi makanan yang lezat. Akan tetapi, karena udang itu istimewa, saya pun ingin mengolahnya secara istimewa.

Yaitu :

Udang Saos Tiram Spesial


Dengan bahan sederhana seperti :

  • Bawang putih 2 siung
  • Bawang bombay 1 buah
  • Irisan bawang daun
  • Cabe rawit (sebagian diiris, sebagian dibiarkan utuh)
  • Saos tiram
  • Kecap manis
  • Saos tomat
  • Mentega untuk menumis
  • Air secukupnya
  • Gula putih dan garam dapur secukupnya

Cara mengolahnya :

  • Iris bawang putih dan bawang bombay, lalu tumis dengan mentega
  • Masukan udang yang sudah dibelah punggungnya dan diberi perasan jeruk nipis
  • Beri air secukupnya
  • Tambahkan saos tiram, kecap, saos tomat, gula dan garam (bila perlu)
  • Tambahkan irisan cabe rawit 
  • Setelah kuah agak mengental tambahkan irisan bawang daun.
Sesederhana itu, tapi hasilnya, wow! Sedaaap...!
Coba deh buktikan sendiri.

Herannya, meskipun alergi makanan laut, ternyata menu udang saos tiram ini mampu membuat suami tertarik untuk menyantap dan menikmati kelezatan  hidangan  tersebut tanpa ragu. Alhamdulillah... karena udang yang diolah masih segar,  alergi Pak Suami tak kambuh setiap menyantapnya.

Oya, jangan lupa selain menu udang saos tiram di atas, teman-teman juga bisa menemukan aneka Makanan Buatan Mama yang simpel dan mudah pake banget di blog Paper Crane milik Annisa Nur Jannah.

Selamat mencobaaa




4 komentar:

  1. Kelihatannya enak bgt itu, mbak.. resepnya aku save ya, utk aku coba kapan2.. :)
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang enak bangeeet. Silakan Mbak Nisa

      Hapus
  2. Suami saya juga pencinta makanan laut. Udang cumi kepiting... lah kalau saya sama anak2 malah gak terlalu suka... kecuali ikan. Anak sya yg besar malah blas ga doyan ikan juga. Jadi di rmh saya jarang masak2 seafood gitu... lah yg makan suami doang.. curang dong hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naah... coba masakin ini sesekali Mbak...
      Biar tambah cinta. hehehe

      Hapus

Sahabat Moma, saya akan senang sekali bila Anda berkenan menitipkan jejak pada kolom komentar.
Dimohon untuk tidak meninggalkan link hidup. Bila tetap dilakukan, dengan terpaksa saya akan menghapus komentar tersebut.
Semoga silaturahmi kita terus terjaga.
Terima kasih... ^_^