Senin, 13 Juni 2016

Cara Asyik Belajar Menulis Dengan Aplikasi Petualangan Boci

Menurut Arsyad (5 th), menulis adalah pelajaran yang paling menyebalkan. Ia amat gembira bila disuruh mengulang hapalan pelajaran dari sekolahnya (ia duduk di kelas TK A), tapi selalu menolak bila disuruh belajar menulis.



Bahkan, bila Bu Guru yang meminta pun ia akan mengeluarkan berbagai alasan agar terbebas dari urusan belajar menulis. Walhasil, menjelang akhir semester genap ia belum juga bisa menulis dengan baik.

Saat liburan, saya mencoba membujuknya agar mau menulis. Tentu dengan iming-iming boleh bermain game beberapa menit di hape milik ibunya. Arsyad setuju. Mengajari anak menulis ternyata tidaklah mudah. Meski sudah bisa memegang pinsil dengan baik, saya cukup terkejut ketika Arsyad menarik garis secara sembarangan. Tidak sesuai dengan cara yang seharusnya. Berulang kali saya harus mengingatkan cara menulis dengan baik dan benar. Agar ia betul-betul faham cara menulis yang benar.

Mengenal Aplikasi Belajar Menulis Di Seri Petualangan Boci

Suatu hari saya menemukan aplikasi menarik di Google Store, Seri Petualangan Boci. Aah, saya pikir aplikasi ini akan memudahkan saya mengajari anak menulis huruf (alfabet).
Betul saja. Ketika saya mengunduh aplikasi tersebut, anak saya tampak asyik mencoba aplikasi tersebut.
Petualangan Boci Menulis Alfabet ini menarik minat anak usia 2-6 tahun untuk belajar menulis

Bukan hanya karakter dan warna yang menarik dan ramah, aplikasi ini juga mengajarkan tehnik menulis dengan cara yang benar. Cara menarik garis yang benar dengan bantuan kendaraan yang dipilih sesuai dengan minat anak. Ada berbagai macam jenis kendaraaan sesuai dengan minat anak, Seperti pesawat, kereta api dan kapal ( ah, sayangnya tidak ada mobil, padahal Arsyad suka sekali dengan mobil).

Lega rasanya melihat Arsyad mulai memperhatikan cara menarik garis dengan cara menggerakkan kendaraan pilihannya (Arsyad memilih pesawat) ke arah yang benar. Sebab bila ia menarik garis (dengan telunjuknya) ke arah yang salah, ia tidak bisa membentuk huruf serta mendapat applause. 

Ternyata aplikasi ini tidak hanya menarik bagi Arsyad, adiknya pun amat tertarik dengan menu-menu yang ditawarkan dalam Petualangan Boci (Great Adventures of Botchi)

Media interaktif yang menyenangkan bagi anak usia 2-6 tahun


Petualangan Boci merupakan aplikasi edukasi yang sangat menarik. Karena merupakan semacam media interaktif yang mengisahkan tentang petualangan Boci, Si Bunglon cilik, bersama sahabatnya Kato, Si Burung Kakatua.

Melalui Petualangan Boci, orangtua diharapkan membantu anak usia 2-6 tahun untuk memahami dan menjelajahi cerita yang ada untuk memuaskan rasa ingin tahu anak yang amat besar. Sehingga aplikasi ini menjadi salah satu cara mengajar anak untuk mengenal huruf, menulis maupun mengenal warna dan lainnya dengan cara yang menyenangkan.


Berbagai aplikasi edukasi yang aman untuk balita
   

Manfaat Aplikasi Edukasi Pada Anak


Jujur saja, dengan memasang aplikasi Petualangan Boci ini, saya mendapat beberapa manfaat yang tidak bisa dianggap kecil. Yaitu :

1. Memberikan Rasa Aman

Ya, aplikasi Petualangan Boci ini memberikan rasa aman pada saya ketika membiarkan anak bermain dengan gawai yang saya miliki. Tentu, saya masih memberikan batasan waktu agar anak tidak melulu memainkan gawai dan melupakan aktivitas lainnya.

2. Membantu Mengajar Anak 

Dengan berbagai menu yang ditawarkan seperti Belajar Menulis, Membedakan Warna dan lain-lainnya, saya sangat terbantu dengan adanya aplikasi ini. Anak-anak mau dan senang belajar tanpa paksaan. Belajar menjadi aktivitas yang sama menyenangkannya dengan permainan lainnya.

3. Memuaskan Rasa Ingin Tahu Anak

Petualangan Boci yang mewakili anak usia 4- 6 tahun ini memenuhi rasa ingin tahu anak terhadap berbagai hal di sekelilingnya dengan penjelasan yang diberikan orangtua.

4. Menciptakan kelekatan antara orangtua dan anak

Membiarkan anak bermain aplikasi edukasi tidak berarti orangtua melepaskan diri dari tanggung jawab mengajari buah hatinya. Aplikasi ini tetap membutuhkan bantuan dari orangtuanya, terutama ibu, untuk mendapatkan informasi yang butuhkan anak. Interaksi inilah yang bisa menambah kelekatan antara orangtua dan anak.

Nah, Sahabat Moma, agaknya tidak mengherankan bila aplikasi yang keluarkan Rolling Glory ini  pernah beberapa kali masuk trending di playstore dengan kategori games educational.  Rolling Glory merupakan Creative Digital Media Studio yang berlokasi di  Kota Bandung.

Semoga tulisan ini bermanfaat. Salam.....

8 komentar:

  1. Aku masih nungguin yang serial naga-nya ni mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada ya, Mbak Wit? Jadi pingin nunggu juga ^^.
      Ayooo, kapan dong serial naga-nya dikeluariin?

      Hapus
  2. Dari kapan hari pengen install app ini malah kelupaan terus.
    Baru keingat lagi setelah baca tulisan mbak Liza :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo, mbak Andy segera di install.... seru kok!

      Hapus
  3. Kalo di ios blm ada versi lengkapnya, jadi aku ga bs instal. Hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh sayang ya, Mbak Liza. Segera muncul versi lengkapnya.. ^_^

      Hapus
  4. Sekarang makin banyak pilihan cara belajar. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huum dengan cara yang asyik dan menyenangkan :)

      Hapus

Sahabat Moma, saya akan senang sekali bila Anda berkenan menitipkan jejak pada kolom komentar.
Dimohon untuk tidak meninggalkan link hidup. Bila tetap dilakukan, dengan terpaksa saya akan menghapus komentar tersebut.
Semoga silaturahmi kita terus terjaga.
Terima kasih... ^_^