Minggu, 13 Maret 2016

10 Alasan Mengapa Sekolah Taman Kanak- Kanak Itu Penting Bagi Perkembangan Anak

Sekolah TK dapat menumbuhkan semangat bekerja sama yang baik bagi perkembangan anak.


Belakangan ini Arsyad malas sekali sekolah.Ada saja alasan yang dikemukakannya. Dari keluhan pusing, sakit kaki, sampai takut terhadap teman sekolahnya. Sering kali saya terpaksa harus memaksanya sekolah. Meski jauh di dalam hati, saya bertanya-tanya, pentingkah tahapan sekolah Taman Kanak-Kanak bagi perkembangan anak?



Kemudian, saya mulai berpikir ulang, mengapa saya, dulu, mendaftarkan Arsyad sekolah di Taman Kanak-Kanak? Apakah hanya karena usianya sudah memenuhi syarat? Atau hanya menuruti keinginan sesaat Arsyad yang menggebu-gebu ketika itu?

Akhirnya, setelah kembali mengingat-ingat, saya pun sampai pada kesimpulan bahwa, sekolah TK itu penting bagi anak. Mengapa sekolah TK penting bagi perkembangan anak? Berikut beberapa hal yang menurut saya patut untuk dipertimbangkan.

Alasan Mengapa Sekolah TK Penting Bagi Perkembangan Anak


1. Melatih dan mengembangkan kemampuan sosialisasi

 Sahabat Moma, bagi saya, kemampuan anak dalam bersosialisasi merupakan  poin penting yang bisa anak dapatkan dengan bersekolah di Taman Kanak-Kanak. Banyaknya jumlah teman akan memudahkan anak dalam melatih dan mengembangkan kemampuan sosialisasi bagi anak. Terutama seperti Arsyad, yang jarang sekali mendapat kesempatan bermain keluar rumah. Maka menyekolahkannya merupakan salah satu pilihan yang tepat.

2. Melatih kemampuan komunikasi

Dengan bersekolah, anak akan berlatih  bagaimana cara berkomunikasi terhadap orang lain, orang yang berada di luar lingkungan rumah. Baik dengan teman-temannya, maupun dengan guru dan pegawai sekolah lainnya. Tentunya akan sangat berbeda dengan cara berkomunikasi terhadap orang-orang di rumah.

3. Melatih keberanian anak

Sekolah Taman Kanak-Kanak yang baik akan aktif melibatkan anak didiknya dalam berbagai even perlombaan. Baik antar sekolah, maupun perlombaan dalam kelas. Hal ini tentu akan menumbuhkan keberanian anak dalam berkompetisi dan memaksimalkan kemampuan yang ia miliki.
Sekolah TK dapat menumbuhkan keberanian pada  anak melalui permainan.

4. Melatih kemampuan motorik kasar dan halus

Dengan menyekolahkan anak, sudah barang tentu kita berharap anak akan mendapatkan latihan dasar untuk kemampuan motorik halus, seperti mewarnai, menulis huruf demi huruf. Maupun latihan motorik kasar melalui berbagai permainan dan fasilitas yang dimiliki sekolah.

5. Menambah pengetahuan  anak

Sahabat Moma, tentu kita tidak bisa memungkiri bahwa sekolah akan membuat anak mendapatkan berbagai informasi yang penting. Selain pengetahuan umum, pengetahuan agama juga menjadi poin penting yang akan didapat anak. Seperti halnya di sekolah Islam Terpadu, anak akan mendapatkan pelajaran tentang tata cara ibadah serta kisah-kisah hikmah untuk menumbuhkan akhlak karimah bagi anak.

6. Melatih pengontrolan emosi anak

Ketika anak berada dalam sebuah komunitas, ia belajar untuk mengontrol sikap dan emosinya agar keberadaannya bisa diterima oleh lingkungan. Maka tidak heran, bila ada anak yang biasa bersikap manja dan emosional di rumah, saat berada di sekolah ia menjadi anak yang anteng, mandiri dan menyenangkan.
 

7. Melatih dan menumbuhkan kemampuan kepemimpinan anak

Rasa kepimpinan anak akan tumbuh dan berkembang dengan baik pada saat mereka mendapat kesempatan untuk melatihnya. Kesempatan itu biasa diberikan ibu guru melalui berbagai macam permainan dan kegiatan tanpa membuat anak merasa tertekan atau terpaksa menjalaninya.

8. Menumbuhkan rasa percaya diri anak

Sekolah TK yang baik akan membantu anak untuk memiliki rasa percaya diri melalui aktivitas yang menyenangkan dan menggembirakan.

9. Memudahkan anak belajar membaca dan berhitung

Calistung, kita ketahui, selalu menjadi kemampuan dasar yang orangtua harapkan ketika menyekolahkan anaknya.  Sekolah pun memiliki program yang sudah dirancang agar anak bisa belajar calistung dengan riang dan gembira.

10. Mudahkan anak menghapal

Suasana yang menyenangkan dan seru akan membuat anak bersemangat menghapal pelajaran yang diberikan. Tanpa paksaan mereka akan menghapal surat-surat pendek, hadist dan bacaan-bacaan shalat.

Nah,sahabat Moma, demikianlah beberapa poin  tentang pentingnya menyekolahkan anak di sekolah taman kanak-kanak. Saya yakin, masih banyak hal-hal baik yang anak dapatkan ketika mereka bersekolah. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Sahabat Moma sekalian.




10 komentar:

  1. Setuju, Mak. Aku jadi inget dulu semper marah sama ibu karena aku langsung SD.. hihihiii...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe.... Andai bisa mengulang waktu ya Ummu Elnurien?
      Saya termasuk orang yang menikmati masa-masa di TK

      Hapus
  2. Putra sukungku TK cuma 3 bulan. Sedangkan yg bungsu sempat dimasukin ke PAUD lalu aku menyesal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setiap sekolah memang mempunyai sisi positif dan negatifnya, Mbak Anita.
      Dan ibulah yang paling tahu, apa yang dibutuhkan anak-anaknya.
      Trims ya udah mampir

      Hapus
  3. makasih tipsnya mak, saya pun lagi menunggu umur anak saya cukup untuk disekolahkan di pre school ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih juga atas kunjungannya, Maaak...
      Semoga nanti bisa menemukan sekolah yang tepat untuk buah hatinya.

      Hapus
  4. Jaman saya dulu belum ada TK , langsung masuk SD mungkin itu sebabnya saya jadi pemalu ya ! ha..........sun sayang utk anak2 di rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi ya Teh... jaman saya sih udah ada TK. Saya sekolah TK 2 tahun. Dan seingat saya, menyenangkan kok masa-masa itu.
      Nuhun Teh

      Hapus
  5. Memudahkan anak menghafal. betul sekali bunda liza, ibu ku bilang rata rata anak yang sekolah TK lebih bisa cepet Membaca dan menghitung. Dan cepet inget huruf besar dan huruf kecil, kebetulan ibu ku guru TK sih :D

    Salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena suasananya seru, jadi anak-anak mudah menghapal tanpa merasa terpaksa. Terima kasih atas kunjungannya ya

      Hapus

Sahabat Moma, saya akan senang sekali bila Anda berkenan menitipkan jejak pada kolom komentar.
Dimohon untuk tidak meninggalkan link hidup. Bila tetap dilakukan, dengan terpaksa saya akan menghapus komentar tersebut.
Semoga silaturahmi kita terus terjaga.
Terima kasih... ^_^